kirim barang ke malaysia

Indonesia menjalin kerjasama yang baik dengan negara tetangga yaitu Malaysia. Hal ini dibuktikan salah satunya dengan kegiatan ekspor maupun impor yang dilakukan kedua negara ini berjalan lancar sampai sekarang. Lantas tidak heran mengapa jika anda ingin kirim barang ke Malaysia juga sangat mudah dan terdapat banyak pilihan jasa ekspedisi.

Berbicara soal ekspor produk ke Malaysia, Indonesia ternyata punya banyak produk pertanian potensial yang bisa dikirim ke berbagai negara yang ada di dunia. Tidak hanya Malaysia atau Asia saja, tapi produk pertanian Indonesia layak untuk go internasional. Simak berikut ini, berbagai produk pertanian Indonesia yang layak untuk diekspor.

 

1. Sayur Dan Buah

Untuk ekspor barang tentu Anda membutuhkan jasa pengiriman barang ke luar negeri murah dan berkualitas. Salah satu komoditi ekspor Indonesia untuk produk pertanian yang laku di pasar internasional adalah sayur dan buah-buahan. Misalnya saja untuk kelapa, pisang, sawi, hingga kubis. Produk-produk ini laku keras di Jepang China dan Malaysia terutama untuk produk pisang. Jadi bisa dibayangkan betapa besarnya peluang ekspor Indonesia ke berbagai negara untuk produk sayur dan buah.

 

2. Kopi

Selain dari buah dan sayur, kopi juga merupakan komoditi ekspor yang banyak dikirim ke luar negeri. Terutama untuk jenis kopi robusta dan juga arabika mengalami peningkatan yang signifikan terus-menerus setiap tahunnya. Tidak heran memang karena kopi dari Indonesia berkualitas dan banyak ditanam di berbagai daerah.

 

3. Tembakau

Dalam proses kirim barang ke Malaysia ataupun negara lainnya tentu membutuhkan jasa ekspedisi handal. Nah produk lain yang juga laku keras di pasar internasional adalah tembakau. Amerika, Belanda, Republik Dominika, Belgia dan juga Sri Lanka. Bahkan pada beberapa tahun lalu Amerika sempat menjadi eksportir terbanyak untuk produk tembakau dari Indonesia.

 

4. Biji Cokelat

Kakao atau biji coklat adalah tanaman yang paling banyak ditemukan di Indonesia, bahkan untuk komoditi Indonesia menduduki peringkat ketiga paling banyak menanam biji cokelat. Tidak heran mengapa ekspor kakao dari Indonesia meningkat. Sebaiknya Indonesia semakin mengembangkan budidaya biji coklat agar bisa bersaing dengan negara-negara lain.

 

5. Kelapa Sawit

Komoditi ekspor untuk kelapa sawit sudah tidak diragukan lagi. Bahkan hasil pertanian satu ini cukup populer mengingat banyaknya perkebunan sawit ada di Indonesia. Jadi tidak heran mengapa Indonesia banyak mengekspor minyak kelapa sawit ke luar negeri.

 

6. Getah Karet

Getah karet juga merupakan produk pertanian Indonesia yang punya potensi besar untuk dikirim ke luar negeri. Bahkan harusnya Indonesia mengembangkan potensi hasil getah karet ini, agar kualitas getah yang dihasilkan semakin disukai oleh luar negeri.

 

7. Lada Hitam

Lada kita merupakan salah satu bumbu dapur dan juga produk pertanian yang banyak diekspor ke luar negeri. beberapa negara pengimpor lada hitam yaitu Perancis, Amerika, India, Jerman, Vietnam, Singapura, Belanda dan juga Sri Lanka. Potensi lada hitam di sektor pasar internasional akan semakin tinggi jika semakin banyak peminat bumbu dapur ini dari berbagai negara.

 

 

Demikian beberapa komoditi ekspor pertanian dari Indonesia yang potensial untuk pasar internasional. Nah bagi Anda yang merupakan seorang eksportir dan ingin ekspor ke luar negeri salah satunya kirim barang ke Malaysia, harus memilih jasa ekspedisi terpercaya. Kilo.id menjadi jasa ekspedisi paling direkomendasikan saat ini karena punya banyak keunggulan. Salah satunya yaitu memberikan harga yang terjangkau untuk pengiriman barang ke luar negeri apalagi dalam skala besar, anda akan diberikan tarif spesial.

You cannot copy content of this page