manfaat buah pepaya

Adakah diantara kalian yang tidak suka dengan buah papaya? Buah ini mudah sekali ditemukan di Indonesia. Dimana buah ini memiliki bentuk mirip dengan kendi yang memiliki warna hijau dengan corak oranye. Buah pepaya memang cukup populer dikalangan masyarakat selain karena mudah ditemukan, buah ini memiliki rasa yang manis dan lezat sehingga dapat dikonsumsi harian. Terlebih buah ini memiliki harga yang terjangkau sehingga dapat dibeli oleh seluruh kalangan.

Buah pepaya sendiri mengandung air dan serat yang tinggi. Sehingga tidak heran jika papaya terkenal dengan manfaat buah pepaya yang membantu sistem pencernaan dalam tubuh. Hal ini dikarenakan kandungan serat dalam buah yang tinggi dan juga air dalam buah yang mendukung kebutuhan nutrisi harian tubuh. Selain kedua nutrisi tersebut, papaya juga memiliki banyak sekali ragam nutrisi dalam kandungan buahnya.

Berikut ini adalah beberapa kandungan buah pepaya yang mendukung manfaat buah pepaya yang baik untuk kesehatan tubuh:

 Banyak ditemukan Vit A dan juga Vit C

Nutrisi yang banyak kita temukan pada buah papaya diantaranya Vit A dan juga C. Kedua jenis vitamin ini memiliki banyak manfaat dalam menjaga kesehatan tubuh. Vitamin A sendiri dibutuhkan tubuh untuk menjaga kesehatan mata dan jantung. Vitamin A juga baik untuk membantu pembentukan imun seperti vitamin C. Sehingga manfaat buah pepaya adalah dapat menyehatkan mata, jantung hingga membantu pembentukan sistem imunitas dalam tubuh.

 Mengandung serat

Papaya mengandung serat yang cukup banyak dan baik untuk kesehatan tubuh. Dimana papaya sendiri mengandung 3 gram serat dalam 152 gram daging buahnya. Sehingga tidak heran jika manfaat buah pepaya yang popular adalah membantu mengatasi sembelit, gangguan pencernaan dan melancarkan pembuangan. Sebab itu konsumsi pepaya dianjurkan dalam menu buah harian.

Mengandung kalium

Dalam satu buah pepaya, mineral kalium terdapat didalamnya. Dimana mineral ini membantu mendukung kesehatan jantung. Karena dengan nutrisi tersebut aliran darah yang ada pada tubuh menjadi lancar. Sehingga tubuh menjadi sehat dan menurunkan resiko terkena serangan jantung. Sehingga manfaat buah pepaya lainnya adalah mampu menurunkan resiko tubuh mendapatkan penyakit jantung.

 Terdapat enzim jenis papain

Pepaya memiliki kandungan enzim di dalam buahnya yang disebut dengan enzim papain. Enzim ini digunakan untuk mencerna protein. Jadi konsumsi pepaya rutin mampu membantu tubuh mencerna protein dengan baik. Terutama bagi anda yang suka konsumsi daging dalam keseharian. Sehingga manfaat buah pepaya tidak diragukan lagi sebagai buah yang baik untuk kesehatan sistem pencernaan.

Mengandung kalsium dan vitamin K

Komponen yang jarang diulas dalam buah pepaya adalah kalsium dan vitamin K. Komponen ini dapat ditemukan dalam buah pepaya bersama dengan komponen lainnya. Sehingga adanya kedua jenis komponen ini mampu mendukung kesehatan tulang dan gigi pada masa pertumbuhan anak maupun saat menjelang usia senja.