arti garis lurus putih

Setiap hari, Anda mungkin sering menggunakan jalanan untuk berkendara. Anda juga pasti sering melihat adanya garis lurus putih yang terputus-putus atau yang panjang di setiap jalan. Namun tahukah Anda apakah fungsi dari garis putih tersebut?

Nah, bagi Anda yang penasaran arti garis lurus putih dan juga apa fungsinya, berikut ini kami akan coba jelaskan semuanya kepada Anda hanya di artikel ini.

Fungsi Garis Putih Pada Jalan

Garis lurus putih yang ada di jalan adalah salah satu tata tertib dan juga peraturan lalu lintas. Peraturan tersebut sudah disiapkan langsung oleh pihak berwajib yang disediakan untuk pengguna jalan.

Adapun fungsinya yaitu untuk mengurangi risiko berbahaya pada saat berkendara. Garis tersebut bahkan tidak hanya sekedar peraturan saja, juga termasuk ke dalam rambu-rambu yang berperan untuk menjaga ketertiban dan keamanan jalan raya.

Jenis-Jenis Garis Putih Pada Jalan

Garis putih yang pada jalan sendiri tergolong cukup beragam. Berikut kami telah merangkum apa saja jenis-jenisnya:

  • Garis putih putus-putus
  • Garis putih penuh
  • Garis putih ganda putus-putus dan penuh
  • Dan lain-lain

Garis putus-putus digunakan oleh masyarakat Indonesia untuk jalanan perumahan dan juga untuk jalan raya. Garis yang satu ini merupakan jenis garis yang sering kita temukan. Fungsinya yaitu tanda bahwa Anda diperbolehkan melintasinya jika ingin berpindah jalur atau saat mau menyalip.

Garis putih penuh biasanya digunakan sebagai tanda bahwa Anda tidak boleh berpindah jalur garis saat berkendara. Selain itu, garis ini juga tidak memperbolehkan setiap pengendara untuk menyalip.

Di lain sisi, ada juga garis ganda putih putus-putus dan juga penuh. Fungsi dari sini yaitu sama dengan dua garis yang sudah kami jelaskan sebelumnya. Fungsinya yaitu bahwa Anda boleh melintas maupun menyalip kendaraan lain.

Sedangkan untuk garis putih penuh yaitu berfungsi sebagai tanda bahwa Anda tidak boleh menyalip maupun melintas. Anda juga harus bersabar pada saat ingin melintas maupun menyalip.

Selain garis putih, juga ada garis kuning yang biasanya terdapat di pinggir jalan. Marka garis berwarna kuning berfungsi sebagai tanda bahwa Anda tidak boleh parkir maupun berhenti di tempat tersebut.

Demikian penjelasan seputar garis lurus putih dan juga apa saja fungsi-fungsinya. Semoga dapat menambah wawasan Anda.