cara bayar pajak mobil online

Setelah negara Indonesia mengalami pandemic karena virus covid 19, maka pembayara pajak untuk mobil ini jadi mengalami penundaan. Tapi saat ini Anda bisa bayar pajak mobil dengan mudah hanya melalu samsat online yang sudah mulai bisa digunakan dari 29 Mei 2020.

Kehadiran aplikasi samsat online yang satu ini menjadikan Anda tetap bisa bayar pajak tepat sesuai waktunya, ini dia cara bayar pajak mobil online menggunakan aplikasi samsat online:

  • Langkah pertama adalah download aplikasi samsat online
  • Jika aplikasinya sudah ada di smartphone Anda segera lakukan pendaftaran
  • Isi dengan lengkap semua data yang dibutuhkan, jika semua data sudah diisi dengan benar lalu klik lanjutkan
  • Selanjutnya data Anda akan segera di proses, Anda bisa menunggu sampai semua proses selesai, jika data yang dimasukan sudah benar maka akan langsung muncul data lengkap mengenai kendaraan dan juga jumlah nominal yang harus dibayar.
  • Jika sudah selesai dan Anda akan bayar maka Anda ini akan dapat kode bayar yang hanya berlaku selama 2 jam saja, jadi sebelum waktunya habis segera bayarkan tagihannya.
  • Pembayaran bisa di lakukan dengan transfer bank atau merchant lainnya
  • Jika proses pembayaran sukses Anda akan langsung mendapatkan e-BPKB dan juga e-Pengesahan STNK ke rumah Anda. Alamat pengiriman akan sesuai dengan yang tertera di STNK.

Alasan Kenapa Seseorang Telat Bayar Pajak

Telat saat membayar pajak untuk kendaraan memang hal yang cukup wajar terjadi, ada banyak faktor yang bisa membuat seseorang jadi terlambat bayar pajak. Ini dia beberapa alasan yang sangat sering terjadi:

  • Sibuk

Sebagian orang biasanya memiliki kesibukan yang membuat mereka tidak bisa datang langsung untuk membayar pajak kendaraan dengan tepat waktu. Alasan yang satu ini membuat Anda telat bayar dan harus membayar denda. Untuk orang yang sibuk hadirnya fasilitas yang satu ini jadi memudahkan mereka, dengan begitu pembayaran juga bisa jadi tepat waktu.

  • Lupa

Orang yang memiliki kesibukan biasanya cenderung lupa mengenai hal- hal yang cukup kecil, salah satunya adalah membayar pajak untuk kendaraan. Padahal hal kecil ini jika dilupakan malah bisa jadi menyulitkan dikemudian hari. Supaya Anda terhindar dari kejadian yang satu ini Anda bisa membuat catatan untuk jadwal pembayaran pajak Anda. Dengan mengingat kapan Anda harus membayar pastinya tidak udah bayar denda keterlambatan.

  • Kendaraan belum lunas

Hal ini bisanya terjadi pada orang-orang yang membeli motor dari tangan kedua, biasanya kendaraan yang mereka beli ini masih menggunakan data si pemilik yang pertama jadi saat bayar pajak Anda ini harus membawa identitas dari pemilik kendaraan yang sesuai dengan STNK. Bagi beberapa orang hal ini memang sangat merepotkan, kadang juga pemilik motor pertama ini tidak diketahui dimana keberadaannya.

  • Belum punya uang untuk bayar

Alasan ini juga jadi alasan seseorang ketika telah membayar pajak,  dari alasan yang satu ini malah membuat uang yang harus di bayarkan jadi semakin besar, karena Anda juga harus membayar denda dari keterlambatan ini. sebaiknya jika sudah waktunya tiba untuk membayar pajak Anda ini menyisihkan uang Anda untuk pembayaran, hal ini supaya Anda jadi tidak akan mendapatkan masalah. Coba untuk menyisihkan uang Anda sedikit demi sedikit untuk bayar pajak setiap bulannya, dengan begitu Anda ini akan terhindar dari denda.

Nah itu dia bagaimana cara bayar pajak mobil secara online, semoga bisa membantu Anda ya.