Segitiga Bermuda

Segitiga Bermuda atau dikenal juga sebagai Segitiga Setan merupakan salah satu tempat paling misterius di muka bumi. Wilayah yang menjadi pusat misteri yang belum terpecahkan ini terletak di lepas pantai tenggara AS di Samudra Atlantik, antara Bermuda, Florida, dan Puerto Rico.

Segitiga Bermuda yang meliputi area seluas 440.000 mil laut ini merupakan bagian dari rute pelayaran yang sibuk serta dilintasi kapal – kapal yang menuju ke Amerika, Eropa, dan Karibia setiap harinya. Lokasinya itu juga membuat Segitaga Bermuda menjadi salah satu komponen permukaan bumi yang menarik untuk dipelajari, namun sarat dengan teka – teki.

Selama berabad – abad dilaporkan banyak kapal dan pesawat yang hilang secara misterius di Segitiga Bermuda. Wilayah itu juga dianggap bertanggungjawab atas hilangnya ribuan orang dalam beberapa dekade terakhir.

Dari sekian banyak kisah misterius mengenai kawasan itu, setidaknya berikut 4 kisah misterius tentang Segitiga Bermuda yang terkenal :

Mary Celeste ditemukan pada 4 Desember 1872 silam dengan segala sesuatunya yang berada di tempat asalnya kecuali semua awaknya. Sebuah penelitian mengenai hilangnya kapal tersebut mengesampingkan kemungkinkan bahwa serangan bajak laut karena segala sesuatu yang ada di kapal tersebut termasuk juga barel alkohol yang diangkut dan barang – barang berharga kru masih tetap utuh.

Teori mengenai misteri hilangnya kapal tersebut juga mencakup kemungkinan akibat konspirasi kriminal, penculikan alien, dan bahkan karena serangan cumi – cumi raksasa. Selain itu, kemungkinan terjadinya bencana alam juga masuk dalam daftar, dimana banyak yang memperkirakan jika peran gempa bawah laut menjadi penyebab kecelakaan Mary Celeste.

  • Ellen Austin

Ellen Austin berlayar dari London ke New York pada tahun 1881. Namun, setelah itu mereka menemukan sekunar atau kapal layar lain yang terlantar di dekat Segitiga Bermuda. Kapal yang hanyut di utara Laut Sargasso itu terlihat baik – baik saja namun awaknya hilang.

Nahkoda Ellen Austin, Kapten Baker meminta krunya untuk mengamati kapal terlantar itu selama dua hari untuk memastikan hal itu bukan jebakan. Setelah dua hari mengamati dan tidak mendapat tanggapan, kapten Baker bersama kru memasuki kapal itu untuk menyelidiki lebih lanjut dan tidak ditemukan tanda – tanda kru.

  • USS Cyclops

Misteri hilangnya salah satu kapal bahan bakar terbesar Angkatan Laut bernama USS Cyclops menjadi tanda hilangnya nyawa terbesar dalam sejarah Angkutan Laut AS dalam satu insiden.

Pada Maret 1918 silam, USS Cyclops berlayar dari Brasil menuju ke Baltimore melalui Segitiga Bermuda dengan membawa 10.800 ton biji mangan dan sekitar 309 awak kapal. Kapal yang berangkat di hari yang cukup baik itu sebenarnya menunjukkan tidak ada masalah.

Tapi setelah itu, secara misterius kabar USS Cyclops tak pernah terdengar lagi. Kemudian dilakukanlah pencarian di seluruh daerah itu, namun tidak ada yang ditemukan. Tidak ditemukan ada tanda – tanda sisa kapal atau anggota awak kapal.

  • Carroll A. Deering

Sebuah kapal layar komersial bertiang lima yaitu Carroll A Deering merupakan salah satu misteri maritim yang paling banyak ditulis di abad ke-20. Carroll A Deering ditemukan kandas di bebatuan berbahaya Hatteras Diamond Shoals, North Carolina, pada 31 Januari 1921 lalu.

Muncul spekulasi bahwa Carroll A Deering terlibat dalam rum – running atau bisnis illegal penyelundupan minuman beralkohol dimana hukum melarang transportasi tersebut. Namun, setelah berhari – hari mengarungi laut yang ganas, tim investasi dari Barbados hanya menemukan kapal kosong dengan semua anggota awak hilang bersama dengan barang – barang pribadi awak, peralatan navigasi kapal, buku catatan, serta perahu penyelamat.