perkembangan bayi 4 bulan

Pada usia 4 bulan, bayi sudah mengalami beberapa perkembangan yang terbilang signifikan. Setiap orang tua wajib mengetahui perkembangan bayi 4 bulan agar tahu kesehatan si kecil, karena jika si kecil berkembang secara optimal, itu tandanya ia baik-baik saja, dan tumbuh sebagai bayi yang sehat dan kuat.

Ada 4 perkembangan bayi 4 bulan yang bisa Anda perhatikan. Berikut adalah penjelasan lengkapnya di bawah ini.

  • Perkembangan Secara Motorik

Salah satu contoh perkembangan secara motorik pada si kecil yaitu kemampuan mengangkat kepala si kecil secara sejajar dengan tubuh dan menggunakan tangan sebagai penopangnya. Selain itu, si kecil juga sudah mampu untuk menggerak-gerakan tubuhnya seperti menghisap jempol kaki dan sejenisnya.

  • Kemampuan Bicara yang Semakin Meningkat

Di usia 4 bulan, bayi sudah berusaha berkomunikasi dengan lingkungan di sekitarnya. Bahkan sesekali mereka akan terlihat seperti mengajak kedua orang tuanya untuk mengobrol. Si kecil juga sudah mulai memperhatikan pergerakan bibir orang di sekitarnya ketika mengajaknya berbicara.

  • Perkembangan Fisik Si Kecil

Selain perkembangan motorik, bayi yang sudah berusia 4 bulan juga mengalami perkembangan fisik yang signifikan. Berat badannya mengalami peningkatan setidaknya 0,5 kg dari berat badannya pada usia 3 bulan.

  • Perkembangan Kepekaan Indra Pendengaran

Pendengaran anak juga cenderung berkembang di usia 4 bulan. Ia akan peka terhadap gangguan oleh suara bising di sekitarnya, contohnya gangguan suara kakaknya, ayah, TV dan lain-lain. Sehingga proses menyusui terkadang menjadi terganggu.

Kenapa Harus Memperhatikan Perkembangan Bayi 4 Bulan

Ada beberapa alasan kenapa setiap orang tua wajib untuk mengikuti dan memperhatikan perkembangan bayi yang berusia 4 bulan. Berikut ini beberapa alasan yang harus Anda perhatikan.

1. Peka Terhadap Kebutuhan Anak

Yang kami maksud peka kebutuhan si kecil di sini seperti, anak berusia 4 bulan sudah memiliki pendengaran yang bagus dan mereka biasanya terganggu dengan suara bising, bahkan ketika menyusu. Alangkah baiknya bunda memilih tempat yang nyaman dan sepi saat menyusui.

2. Tahu Kesehatan si Kecil

Perkembangan anak meliputi perkembangannya secara fisik. Contohnya jika si kecil tidak memiliki berat ideal anak berusia 4 bulan, maka orang tua bisa langsung mengkonsultasikan dengan ahli gizi atau dokter spesialis anak sehingga cepat tanggap terhadap kondisinya.

3. Tahu Kapan Harus Tetap Memberi ASI Eksklusif

Usia 4 bulan merupakan usia dimana anak masih membutuhkan ASI (Air Susu Ibu) eksklusif, hingga usianya 6 bulan. Dengan begitu, bunda tetap menjaga kebutuhan ASI untuk si kecil agar dia tumbuh menjadi anak yang sehat dan kuat.

Selain itu, bunda juga harus tahu kebutuhan si kecil di usia 4 bulan. Contohnya dalam memilih popok, salah satunya yaitu popok MAKUKU yang nyaman untuk si kecil di usia 4 bulan. Pasalnya, popok atau produk diapers yang satu ini punya sejumlah kelebihan sebagai berikut:

  • Memiliki bahan penyerap teknologi SAP (Super Absorbent Polymer) yang berkualitas.
  • Popok anti gumpal dan juga bisa mengurangi kebocoran sehingga tetap nyaman.
  • Memiliki permukaan rongga udara yang sudah punya sirkulasi dua arah.
  • Memiliki lapisan yang bisa mengunci cairan.
  • Tidak mengakibatkan ruam.
  • Popok MAKUKU juga menyediakan banyak pilihan ukuran sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan si kecil.

Demikian informasi seputar apa saja perkembangan bayi 4 bulan yang harus diperhatikan oleh setiap orang tua. Bagaimana, tidak sulit bukan untuk mengetahuinya? Dengan memperhatikan 4 poin di atas, bunda sudah bisa mengetahuinya.